Struktur Pasar
Pasar adalaah suatu tempat atau proses interaksi antara penjual
dan pembeli dari suatu baarang atau jasa tertentu yang akhirnya dapat
menetapkan harga pasar daan jumlah yang di perdagangkan.
Dalam kehidupan sehari-hari kita juga mengenal atau melihaat
beberapa macam dari pasar , yaitu pasar tradisonal, pasar raya, swalayan, toko
serba dll. Dan di pasar tersebut juga menjual beberapa jenis barang atau bahan
baku seperti pasar ikan, pasar sayur,
pasar buah, paasar barang elektronik, pasar perhiasan dll.
Jadi struktur pasar ialah hal yang dapat memperngaruhi kinerja
suatu pasar seperti jumlah produksi, skala produkssi dan jenis produksi yang
terdapat produsen dan konsumen di dalamnya.
Ada 2 macam struktur pasar, yaitu :
1. Pasar persaingan sempurna, merupakan struktur pasar yang
ideal karena struktur pasar ini dapat menjamin berlangsungnya kegiatan produksi
yang efisien. Oleh karena itu di dalam pasar sempurna ini terdapat banyak
penjual dan pembeli dan faktor produksi pun sempurna.
2. Pasar persaingan tidak sempurna, merupakan pasaar yang jumlah
penjual dan pembeli tidak seimbang. Faktor ini terjadi dikuasai oleh satu
penjual dan satu pembeli. Bentuk dari persaingan tidak sempurna, :
- monopili, suatu bentuk pasar dimana hanya ada satu perusahaan
saja
- Oligopoli, suatu bentuk pasar yang di dominasi oleh beberapa
produsen dalam satu wilayah tertentu.
- monopilistik, suatu pasar dimana terdapat banyak produsen yang
menghasilkan dan menjual produk yang berbeda.
0 comments:
Post a Comment