Tuesday 7 May 2013

Resume (Kelompok 4)

Struktur Pasar


              Pasar adalaah suatu tempat atau proses interaksi antara penjual dan pembeli dari suatu baarang atau jasa tertentu yang akhirnya dapat menetapkan harga pasar daan jumlah yang di perdagangkan.
Dalam kehidupan sehari-hari kita juga mengenal atau melihaat beberapa macam dari pasar , yaitu pasar tradisonal, pasar raya, swalayan, toko serba dll. Dan di pasar tersebut juga menjual beberapa jenis barang atau bahan baku seperti pasar ikan,  pasar sayur, pasar buah, paasar barang elektronik, pasar perhiasan dll.
Jadi struktur pasar ialah hal yang dapat memperngaruhi kinerja suatu pasar seperti jumlah produksi, skala produkssi dan jenis produksi yang terdapat produsen dan konsumen di dalamnya.

Ada 2 macam struktur pasar, yaitu :
1. Pasar persaingan sempurna, merupakan struktur pasar yang ideal karena struktur pasar ini dapat menjamin berlangsungnya kegiatan produksi yang efisien. Oleh karena itu di dalam pasar sempurna ini terdapat banyak penjual dan pembeli dan faktor produksi pun sempurna.
2. Pasar persaingan tidak sempurna, merupakan pasaar yang jumlah penjual dan pembeli tidak seimbang. Faktor ini terjadi dikuasai oleh satu penjual dan satu pembeli. Bentuk dari persaingan tidak sempurna,  :
- monopili, suatu bentuk pasar dimana hanya ada satu perusahaan saja
- Oligopoli, suatu bentuk pasar yang di dominasi oleh beberapa produsen dalam satu wilayah tertentu.
- monopilistik, suatu pasar dimana terdapat banyak produsen yang menghasilkan dan menjual produk yang berbeda.

0 comments:

:a: :b: :c: :d: :e: :f: :g: :h: :i: :j: :k: :l: :m: :n:

Post a Comment