Sunday 5 May 2013

Money Management




“if you would be wealthy, think of saving as well as getting” So, belajar mengatur uang saku muali dari sekarang deh, ngga rugi kok bahkan menguntungkaan.. yuuk liat tricknya .

-         Bikin Pos wajib
Kita pasti punya pengeluaran rutin setiap bulannya, untuk transport, makan siang disekolah atau kampus dan membeli kebutuhan yang dikeluarkan setiap bulan. First thing to do kalau kita dapat uang bulanan dari ortu bikin pos wajib setiap pengeluaran itu.

-         Save your money
Sebelum mulai belanja yang macam-macam , sisihkan dulu untuk ditabung paling sedikit 30%. Lebih baik menabung di bank daripada di celengan, uang tabungan ini bisa kita pakai jika ada keperluan mendadak yang penting banget.

-         List kebutuhan
Bikin daftar kebutuhan mingguan atau bulanan itu penting lhoo. Jadi pengeluaran kita lebih efisien dan terdeteksi. Ini juga melatih kedisiplinan kita untuk belanja sesuai kebutuhan

-         Skala prioritas
Kalau kita lagi naksir barang-barang yang uptodate, yang lagi diskonan tapi bulan ini kita juga harus beli textbook buat kuliah, mana yang harus didahulukan? Hmmm… kalau barang-barang kita masih layak pakai sebaiknya gausah deh , kita dahuluin yang lebih penting dulu..

-         Kendalikan Diri
Nah, ini nih yang paling sulit. Apalagi kalau lagi digencar gencar promo gadget baru. Walaupun uang saku kita mencukupi tapi sebaikny tahan diri. Jangan sampai membeli sesuatu karena emosi atau lifestyle trus akhirnya kita menyesal karena barang yang dibeli gak sesuai harapan atau gak sesuai kebutuhan.

-         Bikin Goal
Pengen banget beli something yang kita pengen udah lama? Bikin target deh, berapa jumlah uang yang kita harus dapatkan dan berapa lama ngumpulinnya. Tulis target yang kita mau gede-gede dan temple di kamar biar kita semangat terus nabungnya kalau perlu bikin notes juga di hp.

-         Kurangi anggaran Hangout
Kalau kita yang suka banget sama hangout its ok , cari tempat hangout yang gak ngabisin banyak budget jadi kita bisa nabung jugaa.


-         Cari Sampingan
Ngerasa uang saku kamu mepet banget? Saatny mencari uang tambahan nih. Misalny online shop yang udah booming saat ini. hhiiii

0 comments:

:a: :b: :c: :d: :e: :f: :g: :h: :i: :j: :k: :l: :m: :n:

Post a Comment